Ditemukan Antibodi CH65 Tidak Perlu Vaksinasi Flu

image

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal The Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkap, penemuan antibodi akan lebih efektif untuk menangkal virus influenza yang tiap musim mengalami perubahan. Dengan vaksin, penelitian harus dilakukan terus menerus karena virus selalu memperbaharui strukturnya agar kebal terhadap vaksin.

Secara periodik, virus influenza memperbaiki sistem pertahanan dirinya dengan mekanisme yang disebut ‘antigen drift’. Mekanisme ini membuat perbuahan struktur virus bisa terjadi sangat cepat, sementara pengembangan vaksin baru makan waktu paling tidak 7 bulan.

Peneliti telah berhasil mengidentifikasi antibodi alami dalam tubuh manusia yang ampuh melawan vaksin flu. Antibodi tersebut bernama CH65, yang jika kadarnya dipertahankan maka dengan sendirinya tubuh akan melawan virus influenza. Antibodi tersebut ditemukan setelah peneliti menemukan bahwa hanya ada 2 lapisan dalam struktur virus yang selalu berubah yakni neuraminidase dan hemaglutinin. Kedua komponen ini fungsinya adalah mengikat antibodi, sehingga tidak bisa memberikan perlawanan.

Dalam uji coba di laboratorium, hampir semua jenis antibodi dapat dinetralkan oleh kedua komponen virus ini kecuali satu yang mampu bertahan, yakni CH65. Hal ini membuktikan bahwa dibanding antibodi yang lain, CH65 paling efektif untuk melawan 36 jenis virus influenza yang diujikan.

Penemuan ini memberitahu kita bahwa sistem kekebalan tubuh manusia dapat menyempurnakan respons terhadap flu dan benar-benar memproduksinya, meskipun pada frekuensi rendah, antibodi itu mampu menetralisir serangkaian jenis virus flu. Dengan memaksimalkan peran antibodi, manusia tidak harus selalu tergantung pada temuan vaksin baru.

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s